Jaga Kesehatan Si Kecil di Musim Pancaroba yuk Moms! Bagaimana Caranya?

Belakangan tahun ini, cuaca di negara kita sudah tidak bisa ditebak. Terkadang hujan datang secara tiba-tiba padahal satu jam sebelumnya panas matahari sangat terik. Keadaan yang demikian inilah yang dinamakan sebagai musim pancaroba. Jadi keadaan cuaca yang selalu berganti-ganti atau tidak menentu.

Keadaan pancaroba juga akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius apabila kita tidak aware terhadapnya. Apalagi buat para Bunda yang memiliki si kecil yang rentan terhadap beberapa penyakit dan pastinya akan membuat bunda akan was-was. Benar begitu kan Bund? Nah sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana kita menghadapi musim pancaroba? Himawari Baby akan membagikan caranya untuk para Bunda seluruh Indonesia. Yuk simak dulu Bun

Istirahat yang cukup

Istirahat bertujuan untuk memulihkan tubuh agar kembali fit. Jam istirahat yang ideal menurut pakar ahli kurang lebih 8 jam. Seiring bertambahnya usia seseorang, kebutuhan akan waktu istirahat akan berkurang. Tetapi bagi si kecil istirahat yang baik ialah kurang lebih 10 jam. Dengan istirahat yang cukup akan memberikan energi yang cukup bagi si kecil untuk aktivitas bermain dan belajarnya selama musim pancaroba seperti sekarang.

Menjaga pola makanan sehat

Mahal bukan berati jaminan bisa memperoleh makanan yang baik dan sehat. Makanan bisa dikatakan sehat apabila memiliki kandungan gizi yang diperlukan bagi tubuh si kecil. Kandungan tersebut pastinya empat sehat lima sempurna yang terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan susu. Nah inilah tugas penting Bunda bagaiaman caranya bisa memonitor asupan gizi si kecil agar tetap sehat menghadapi cuaca yang esktrim saat ini.

Menjaga kebersihan lingkungan

Kebersihan sekitar si kecil akan sangat mempengaruhi kesehatannya. Kebersihan ini bisa meliputi kebersihan kamar mandi, toilet, tempat si kecil bermain dan pakaian si kecil. Hal lain yang perlu Bunda perhatikan adalah cara bunda menyiapkan makanan yan g akan menjadi asupan bagi si kecil, seperti mencuci piring, mencuci sayur dan buah. Tapi ingat lho Bund, jauhkanlah segala alat dan bahan kebersihan dari jangkauan buah hati Bunda.

Konsumsi Vitamin Tambahan

Tujuan dari konsumsi vitamin tambahan adalah untuk menambah imun si kecil agar bisa melawan berbagai macam ancaman yang bisa mengancam kesehatan si kecil. Meskipun buah hati Bunda memiliki sistem imun bawaan, tidak ada salahnya tindakan Bunda dengan menggunakan vitamin tambahan. Nah vitamin apa saja yang diperlukan si kecil? Bunda bisa memberikan tambahan vitamin C untuk daya tahan tubuh buah hati anda sebagai contoh dan yang pasti bisa Bunda peroleh di apotik terdekat.

Hindari Kebiasaan Buruk

Peran Bunda disini adalah memberi contoh yang baik kepada si kecil. Apa saja caranya? Bunda bisa memulainya dari hal yang kecil seperti mencuci tangan sebelum makan. Si kecil akan mudah melakukan apabila Bunda juga melakukan hal tersebut. hal ini dikarenakan anak akan cenderung senang melakukan apabila Bunda menemaninya daripada Bunda hanya menyuruh. Kebiasaan seperti inilah yang bisa menjaga kesehatan si kecil tetap terjaga. Tapi ingat lho Bund, jangan membatasi ruang gerak si kecil karena rasa ingin tahu dia yang besar akan keadaan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *